Friday 22 July 2016

sejarah kopassus, sang garuda dari negeri sebrang

muhammad idjon jambi,
kopassus. walaupun dari beberapa berita yang pernah saya baca. mengatakan bahwa kopassus adalah korp pasukan banyak kasus. kalau tidak salah berita itu di turunkan oleh detik.com. saya tidak bermaksud untuk menyudutkan detik.com, tetapi kalau kita melihat suatu intitusi kita harus adil dalam melihat suatu masalah. ketika yang bersalah adalah prajurit kopassus maka yang disalahkan adalah prajuritnya bukan institusinya.

ketika ada berita bahwa pasukan kopassus membunuh preman yang telah membunuh temanya. padahal waktu banyak warga yogya yang menyatakan terima kasih preman tersebut telah membuat kehidupan warga tersebut menjadi tidak nyaman. dengan dibunuh preman tersebut oleh anggota  kopassus tersebut  maka kehidupan warga menjadi lebih aman.

karena jiwa persatuan dengan temannya  kopasus tersebut membunuh orang yang telah menghabisi temannya tersebut. ini membuktikan bahwa jiwa kesetiakawanan dari tentara sangat tinggi. kopassus adalah satu unit pasukan khusus yang mempunyai sejarah panjang berdirinya.

ide dari kopassus adalah ketika brigader slamet riyadi yang pada waktu itu ditugaskan untuk  memadamkan pemberontakan. slamet riyadi sangat terkesan dengan pasukan rms yang berukran kecil tetapi bisa menyulitkan pasukan sekelas brigade yang dipimpin oleh slamet riyadi itu. sehingga ide ini sebelum meninggal di sampaikan oleh ae kawilarang . dan ae kawilarang meminta kepada bawahannya yang bernama letkol sugianto yang pernah dilatih oleh idjon jambi.

akhirnya setelah dibujuk oleh letkol sugianto idjon jambi mau melatih pasukan khusus indonesia. yang dari beberapa negara pasukan khusus indonesia menjadi nomer tiga, setelah pasukan sas dari inggris dan juga pasukan mozat dari israel kemudian pasukan kopassus dari indonesia, dari semboyan kompassus mengatakan bahwa kami tidak hebat tetapi kami terlatih,

rasa cinta terhadap negara indonesia membuat idjon jambi yang merupakan kelahiran kanada yang bernama Rokus Bernardus Visser. . akhirnya mentetap di indonesia. dia menikahi wanita sunda. dan kemudian masuk islam dan berganti nama menjadi muhammad idjon jambi. dan itulah sekilas sejarah dari kopassu indonesia yang merupakan pasukan khusus yang sangat disegani diindonesia dan juga di dunia



No comments:

Post a Comment