Thursday 25 January 2018

teknik saw untuk menentukan sebua keputusan. dari beberapa alternatif

produkku ini tergolong baru. karena saya barus saja mendapatkan sebuah tawaran untuk mengerjakan proyek ini. ini merupakan sebuah tantagan sehingga nantinya dapat aku jual lagi. dan tentu saja di erah informasi yang sangat bertebaran saat ini. aku bisa memberikan yang terbaik kepada clientku. terutama klient yang ingin mengambil sebuah keputusan. jasaku ini saya ambil dari sebuah kecederungan untuk mahasiswa. 

metodenya sebenarnya sederhana. kita diberikan beberapa alternatif pemecahan masalah . kemudian alternatif tersebut mempunyai beberapa kriteria sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebuah thesis dengan metode ini. kita dapat memberikan penilain secara adil terhadap mahasiswa - mahasiswa yang kulaih diwearnes ada beberapa pertimbangan yang harus di jadikan acuan

pasti dalam penyajian informasi ada ilmu matematika, dan juga logika disana. bagiaman mencari informasi yang cepat dan juga akurat. kalau tidak kita akan dibuat oleh informasi tersebut banjir dan akhirnya akan membuat memori kita semakin banyak. terlalu banyak tahu tentu saja . konsep saw adalah (simply additive atau weighting).  

Simple Additive Weighting (SAW) sering juga dikenal istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut (Fishburn, 1967)(MacCrimmon, 1968).

semua alternatif di sini tentu akan mempunya kriteria-kriteria tertentu dan tentu saja setiap alternatif akan mempunyai kriteria tersebut. baik jumlah maupun juga namnya serti isi dari nilai kriteria tersebut. kemudian setiap kriteria ditentukan bobotnya dengan nilai masing-masing jika dijumlahkan maka akan mendapatkan nilai 1. 

kemudian nilai dari kriteria tersebut di bedakan menjadi dua apakah termasuk nilai benefit atau nilai cost. nilai kost akan bernilai baik jika nilainya makin kecil, tetapi jika benefit sebagai atribut dari nilai criteria tersebut maka semakin besar nilai dari benefit maka nila tersebut akan dipilih. mungkin dengan menggunakna software ini kita dapat melakukan penilain apakah mahasiswa terbaik diwearnes sesuai dengan kriteria yang kita buat

pada kriteria yang dimiliki oleh masing-masing alternatif dicari apakah nilai tersebut besifat min atau tidak tidak , setelah ini nilai min/max ini digunakan untuk membagi nilai kriteria dari setiap alternatif. setelah itu nila yang sudah dibagi oleh min atau max akan dikalikan dengan bobot yang !!!.  kemudian setiap nilai kriteria pada setiap alternatifnya di jumlahkan. sehingga akan ketemu totalnya. setelah proses normalisasi ini selesai maka langkah selanjutnya adalah mengurutkan nilai setiap alternatif tersebut sehingga akan ketahuan siapa yang mempunya nila tertinggi.

 
 

No comments:

Post a Comment