Friday 19 September 2014

apakah di sebut penjajah indonesia terhadap timor leste , ketika presiden sby sepakat bantu timor leste

panas dingin hubungan indonesia dengan portugal . rupanya akan berakhir karena indonesia yang membantu timor leste ketika di tinggalkan begitu saja oleh portugal dan tidak membangun apa-apa, dan negara yang menjajah timor leste yang sekarang berdalih menjadi pahlawan . telah sepakat untuk kemungkinan bekerja sama untuk memakmurkan timor leste

referendum yang konon di nilai banyak sekali kecurangan telah menjadi timor leste menjadi negara yang sangat miskin di asia tenggara . sampai - sampai presiden taur matan ruak berpikiran untuk menjadikan negaranya jajahan inggris dengan bergabung menjadi negara persemakmuran seperti hal nya singapura, malaysia dan juga brunei darurssalam.

seperti kita ketahui bahwa masalah timor timur di dunia internasional telah mencoreng nama indonesia niat baik membantu mereka untuk membangun negaranya lebih baik. mala di lawan oleh si xanana gusmoa yang sekarang menjadi perdanan menteri di negara baru tersebut.

negara yang pembangunannya tidak baik, dan Timor Leste memilih berpisah dengan Indonesia pada tahun 1999 setelah dilakukan referendum. Keputusan Timor Leste juga tidak terlepas dari keterlibatan Portugal saat itu. Saat ini, ‎di Timor Leste masih banyak peninggalan Indonesia dan Portugal. Sementara pembangunan Timor Leste tidak sesuai yang diharapkan.

ekonomi menurun dan sekarang harus mencari-cari bantuan ke luar negeri untuk membangun negara tersebut. pemikiran dan pengambilan sikap politik yang tidak tepat tentu saja akan berdampak tidak baik pada kesejahteraan rakyat di sana. dan perhatian pemerintah indonesia yang memilih untuk melepaskan timor timur karena referendum tentu patut di apresiasi karena indonesia tidak membiarkan begitu saja sahabatnya dan adiknya tersebut untuk bisa membangun sendiri negaranya..

Indonesia dan Portugal sama-sama peduli dengan Timor Leste. Presiden SBY dan Presiden Portugal Anibal Cavacco Silva mendiskusikan kemungkinan kerjasama membantu bekas wilayah Indonesia itu.
Masalah Timor Leste menjadi salah satu hal yang dibahas Presiden SBY dan Presiden Anibal dalam pertemuan bilateral di kantor Presiden Portugal, Palacio de Belem, Lisabon, Jumat (19/9/2014). Ikut dalam pertemuan bilateral sejumlah menteri Indonesia dan Portugal. Pertemuan berlangsung dari pukul 11.00 hingga 12.00 waktu setempat.

"‎Saya mendiskusikan kemungkinan kerjasama Indonesia dan Portugal dengan Timor leste. Kami berharap Indonesia dan Portugal bisa berbuat banyak membantu Timor Leste," kata Presiden SBY dalam pernyataan pers bersama seusai pertemuan.

jadi lupakanlah masa lalu karena kita masih harus membangun negara kita masing - masing sehingga kemakmuran dari negara kita akan terwujud . sering kali indonesia di jadikan penyebab akan pelanggaran masa ham masa lalu . dan itu yang selalu di hembuskan oleh mata-mata amarika serikat yaitu uastralia kepada indonesia 

No comments:

Post a Comment