Monday 30 March 2015

indonesia kekuatan militer saat ini, adalah terbesar di asia tenggara

belanja militer yang di tingkatkan pada masa pemerintahan sby membuat indonesia menjadi negara yang lebih lagi mempunya kekuatan untuk menjadikan indonesia negara yang digdaya di di kawasan asia tenggara

http://img.antaranews.com/new/2011/06/small/20110605015634armada-china.giflihat saja akibatnya yaitu malaysia tidak berani lagi untuk mengganggu kedaulatan indonesia barang sejengkal saja. karena itu kita harus kuat secara persenjataan dan juga personal

memang indonesia tidak berniat untuk membuat permusuhan dengan negara-negara asing . karena itu indoensia dengan siapa saja bisa berkerja sama.. saat ini akan terjadi persaingan antara china dan juga amerika. mengenai laut chna selatan apa yang harus di lakukan indonesia adalah bagaimana kebijaksanaan politik dalam negeri indoensia terhadap dunia luar tentu harus menguntung dengan indonesia.

sepertinya untuk kerja sama militer dengan australia indonesia akan sering mengundurnya karena masalah timur-timur yang merupakan lubang dari kebijaksanaan indonesia. tersebut. saat ini australia dan indonesia juga hubungan tidak bagus di karena ada dua orang yang menjadi warga negara australia yang berusaha di bela mati-matian oleh perdana menteri mereka agar tidak di hukum mati di indonesia.

jika indonesia memutuskan untuk tidak menghukum mati kedua orang itu maka secara tidak langsung martabat dan kedaulutan indoensia akan di pandang remeh lagi oleh negara tentangga. australia yang merupakan negara yang jgua termasuk tetangga terdekat indonesia sangat takut dengan orang-orang indonesia

konflik indonesia dan austrlia sangat meruncing ketika indonesia pada saat itu sangat tertekan di bidang ekonomi ketika saat itu timor -timur minta merdeka . oleh karena itu referendum pun di buat oleh presiden habibe walaupun pada saat itu indonesia tidak mau karena banyak pejuang sarojo yang jadi krobar perasaannya . tetapi dengan di manjakannya timor -timur pada saat pmeritnahan suharto . timbulakn kecemburaan dengan penduduk lain di indonesia.

sehingga opm pun mita merdeka skarang ini . perhatian pemerintahan kepada rakyat papua sagnat banyak. dan indoensia mmeberikan kebijaksanaan semua pun bisa jadi menteri termasuk seperti orang papua . dan tidak seperti yagn ada di austrlai karena tidak ada satupun rakyat aborigin yang menjadi meteri di pemerintahan australian saat ini , bandingkan di indonesia papua banyak yang jadi menteri di indonesia.

karena indonesia punya pertumbuhan ekonomi yang baik dan juga kekuatan militer , akhirnya pemimpin timor-timur yang saat ini menjadi timor leste . dengan kebijaksanaan politiknya akhirnya memaafkan indonesia bagaimanapun kita termasuk rakyat nusantara yang di pisahkan oleh sebuah paham negara yang di tinggalkan oleh penjajah kita.

indonesia bukanlah bangsa kejam yagn menjajah timor leste tetapi menolong timur leste. seandainya indonesia tersinggung dengan apa yang dikatakan oleh para aktivis timor leste merdeka. tentu saja kelaparan dan kekurangan pekerjaan di sana . kita tinggal tunggu waktu saja kapan saat yang tepat timor leste akan kembali lagi menjadi bagian dari indonesia.




No comments:

Post a Comment