Tuesday 21 April 2015

satu lagi negara dari asia pasifik di ranggul sebagai sahabat yaitu vanuatu

Republik Vanuatu adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan. Vanuatu terletak di sebelah timur Australia, timur laut Kaledonia Baru, barat Fiji dan selatan Kepulauan Solomon. Negara ini dahulu bernama Hebrides Baru semasa penjajahan. Vanuatu terdiri dari 83 pulau, dua di antaranya — Matthew dan Hunter — diklaim oleh Kaledonia Baru.

dalam sejarah hubungan luar negeri indonesia  membuka untuk berkerja sama dengan negara - negara lain termasuk dengan negara yang terletak di asia pasifik . dan negara tersebut adalah vanuatu 

 Upaya diplomasi yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam rangkaian Konferensi Asia Afrika (KAA) membuahkan hasil. Salah satunya, Vanuatu, negara yang berada di wilayah Pasifik, memutuskan untuk mendirikan kedutaan besar di Jakarta. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Vanuatu Sato Kilman usai mengadakan pertemuan bilateral dengan Menlu RI Retno Marsudi. Dalam pertemuan tersebut, kedua menteri membicarakan beberapa potensi kerja sama di bidang ekonomi. Salah satunya, kerja sama di bidang agrikultur.

''Saya disini untuk menggantikan Perdana Menteri yang tidak bisa hadir karena Konferensi Donor di Vanuatu. Tapi, kami menegaskan punya pandangan optimistis terhadap diplomasi dua negara. Salah satu buktinya adalah rencana kami mendirikan Kedutaan Besar di Jakarta,'' terangnya di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (19/4).

Retno pun mengapresiasi beberapa komitmen dari Vanuatu. Menurutnya, pemerintah bakal memfasilitasi niatan tersebut ke ranah teknis. Rencana tersebut bakal menambah perwakilan negara Pasifik di Indonesia. Saat ini, negara Pasifik yang sudah membuka kedutaan di Indonesia adalah, Papua New Guinea (PNG), Kepulauan Solomon, dan Fiji.

''Tadi saya sebutkan bahwa Indonesia merupakan rumah lebih dari 11 juta Melanesian. Itu lebih besar dari jumlah populasi dari berbagai negara Pasifik Selatan digabungkan. Kami juga akan menjadi tuan rumah Melanesian Art And Cultural Event Oktober nanti,'' terangnya.

No comments:

Post a Comment