Friday 1 November 2013

inggris dan standart ganda , bagi para aktivis papua merdeka

Sebuah Interpol red notice telah dikeluarkan untuk penangkapan pemimpin Oxford berbasis gerakan separatis Asia , memicu tuduhan pelecehan politik dari sistem peringatan polisi internasional .
Benny Wenda , 37 , yang telah diberikan suaka dan telah tinggal di Inggris sejak tahun 2003 , kekhawatiran bahwa jika dia bepergian ke luar negeri dia bisa ditahan dan kembali ke Indonesia , di mana ia adalah seorang buronan .
Wenda , pemimpin gerakan Panduan West Papua , mengklaim tuduhan terhadap dirinya telah direkayasa untuk membungkamnya . Adil Trials International mendukung dia dan menyerukan akuntabilitas yang lebih besar dari sistem pemberitahuan polisi yang , mengklaim , telah menjadi " lubang hitam hukum " .
Ini bukan pertama kalinya , menurut kelompok kebebasan sipil , bahwa red notice Interpol telah dikeluarkan untuk penangkapan seorang lawan politik atau dikerahkan untuk mencegah seseorang bepergian .
Sebuah Interpol red notice mengharuskan polisi untuk "mencari penangkapan atau penahanan sementara orang-orang yang diinginkan dengan maksud untuk ekstradisi " .
Wenda , yang istrinya , Maria , dan enam anak tinggal bersamanya di Oxford , adalah seorang pemimpin suku di Papua Barat , sebuah provinsi di Indonesia , yang separatis mengatakan dipaksa diduduki pada tahun 1960 ketika Belanda meninggalkan wilayah tersebut .
Desa asalnya dibom , dia terluka dan kerabatnya tewas . Setelah meninggalkan universitas , ia memimpin sebuah kelompok yang dipromosikan Papua Barat cukai namun harus melarikan diri pada beberapa kesempatan untuk tetangga Papua Nugini .
Pada tahun 2002 ia ditangkap di Papua Barat dan dituduh menghasut serangan terhadap sebuah kantor polisi. Tak satu pun dari saksi yang dipanggil di pengadilan muncul , menurut pengamat hukum yang hadir . Dia membantah berpartisipasi dalam serangan apapun .
Wenda dipenjara tapi , setelah apa yang dia percaya yang beberapa kali gagal pada hidupnya , ia memutuskan untuk melarikan diri . " Saya masuk ke poros ventilasi dan merangkak keluar , " kata Wenda , yang kini menjadi warga negara Inggris , Guardian . " Aku menyeberang ke Papua Nugini dan mencapai Inggris pada tahun 2003 . " [ Indonesia ] tahu bahwa jika aku bebas aku akan mempromosikan perjuangan [ kemerdekaan ] dan menceritakan tentang penderitaan rakyat saya. Indonesia telah melakukan kejahatan . Di Timor Timur , ada 100.000 kematian , di Papua Barat telah ada 400.000 " .
Wenda , yang menegaskan ia mendukung transisi damai menuju pemerintahan sendiri untuk tanah kelahirannya , telah bepergian secara luas untuk mengumpulkan dukungan bagi gerakannya . " Aku sudah berada di sebuah konferensi di Senegal , " jelasnya , " dan ketika aku kembali aku melihat online dan menemukan nama saya dan melihat saya punya red notice . Ini Indonesia mengintimidasi saya. Mereka mencoba untuk membatasi gerakan saya.
" Tidak ada yang telah mencoba untuk menangkap saya dan saya sudah ada pendekatan dari [ Inggris ] polisi . Aku belum melakukan perjalanan sekitar sejak saat itu . Saya akan [ Indonesia ] bilang aku seorang kriminal tapi aku berkampanye untuk orang-orang saya . ingin melihat red notice dihapus sehingga saya bisa melanjutkan kampanye saya. "
Indonesia tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Inggris . Setiap permintaan ekstradisi tidak mungkin untuk berhasil , mengingat bahwa Wenda diberikan suaka politik .
Jago Russell , chief executive dari Fair Trials International , mengatakan : "Tentu saja polisi harus bekerja lintas batas untuk melawan kejahatan tetapi mereka seharusnya tidak diperbolehkan untuk beroperasi di lubang hitam hukum Meskipun dampak manusia utama Interpol pemberitahuan merah, ada . tidak ada cara yang efektif untuk menantang kasus pelecehan . Sebagai pengungsi hasil seperti Benny Wenda , yang telah menempuh perjalanan setengah jalan di seluruh dunia untuk menghindari penganiayaan , terus terancam dari jauh oleh pemerintah menindas . "
Interpol membantah bahwa sistem pemberitahuan yang tunduk pada campur tangan politik . " Ada pengamanan di tempat , " kata seorang juru bicara di markas besar organisasi di Lyon . " Subyek dari red notice dapat menantang melalui badan independen , Komisi Pengendalian File Interpol ( CCF ) . Terserah Bapak Wenda atau wakilnya untuk menghubungi CCF . " Jika yakin bahwa itu tidak sah , komisi itu akan menghapus pemberitahuan , ia menambahkan .
Seorang juru bicara Kedutaan Besar Indonesia di London mengatakan : " Bapak Wenda harus menjawab dengan kejahatan yang telah dia lakukan di pengadilan bebas dan independen di Indonesia Kemudian ia dapat membuktikan apakah ia bersalah . . "
Pemerintah Indonesia menuduh Wenda menjadi bagian dari Organisasi Papua Merdeka ( Organisasi Papua Merdeka - OPM ) , yang diklaim merupakan " sebuah organisasi klandestin yang didedikasikan untuk memisahkan diri dari Indonesia menggunakan segala cara yang tersedia bagi mereka termasuk pembunuhan warga sipil tak berdosa dan penghancuran properti pribadi

No comments:

Post a Comment