Saturday 30 November 2013

orang seperti ini . yang di butuhkan papua. bukannya benny wenda

dubes australia-lukas enembe
SENTANI–ZONA DAMAI.com:  Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, S.I.P., M.H., menegaskan, bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Papua tidak lagi main-main untuk memberikan kesejahteraan dan meningkatkan perekonomian kepada masyarakat asli Papua.
Hal itu disampaikan Gubernur Papua kepada wartawan usai melakukan pertemuan singkat dengan Duta Besar Australia untuk Indonesia, YM Gregg Mariaty, dan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., sekaligus makan siang bersama di Restaurant Yougwa, Sentani-Kabupaten Jayapura, Selasa (19/11/2013) kemarin.
Menurut Gubernur, pertemuan itu hanya acara makan siang, tapi diisi dengan penyampaian pengembangan nilai-nilai ekonomi di Papua.
Sebab, selama kepemimpinannya, ia tidak ingin lagi ada masyarakat berbicara politik, akan tetapi bagaimana perkembangan perekonomian agar kesejahteraan masyarakat sesuai dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur selama 5 tahun kedepan bisa tercapai.
“Menuju kesejahteraan, kita harus memberdayakan orang Papua diberbagai bidang ekonomi, karena kalau maju dan sejahtera tidak ada lagi orang bicara macam-macam, oleh sebab integritas NKRI kita tetap jaga, kita pertahankan dan kita fokus dalam pembangunan ekonomi dalam rangka kesejahteraan serta meningkatkan kesejahteraan Orang Asli Papua,” tukasnya.
Gubernur mengungkapkan, untuk mengembangkan ekonomi, Duta Besar Australia tetap mendukung NKRI, terutama perkembangan perekonomian di Papua yang sudah mulai berkembang.
“Kita sejak dulu setiap tahun berkunjung disini untuk melihat kemajuan yang dicapai di Papua, dan responnya bahwa ada bantuan-bantuan dari pemerintah Australia yang selama ini ke Provinsi Papua yang sudah lama berjalan,” katanya.
Untuk itu, dalam pengembangan perekonomian di wilayah Provinsi Papua tidak boleh lagi main-main, karena sekarang sudah perencanaan RPJMD untuk prioritas-prioritas yang lebih banyak dalam rangka kesejahteraan.
Kesejahteraan dimaksud adalah, mengenai komuditas unggulan untuk menjadi fokus utama Pemerintah, seperti di Kabupaten Jayapura, melalui penanaman pohon Kakao. “Pohon Kakao inilah yang kita bisa kembangkan, sehingga mendapat hasil dari Papua dan bisa di ekspor langsung ke mana saja,” paparnya.
Dan pada dasarnya, Pemerintah Provinsi Papua tetap mendorong investasi yang masuk ke Papua, mendorong penjaminan kredit, sehingga banyak kegiatan ekonomi yang dibiayai dari Bank Papua lewat kredit, dengan jaminan adalah Pemerintah.
Disisi lain, terkait produk unggulan masyarakat Papua seperti, Buah Merah,” Kita belum tetapkan, tapi sudah mengarah kesana, karena banyak peminat, bahkan sampai dua ribu ton diminta untuk diolah menjadi berbagai macam bahan,” imbuhny

No comments:

Post a Comment