Thursday 12 September 2013

indonesia harus bangkit. belajar dari sejarah . bahwa kita mampu berteknologi tinggi


berikut ini adalah teknologi dari karya anak bangsa. yang harusnya kita banggakan . dan jangan sekali-kali kita tidak bangga dengan bangsa sendiri. adanya internet dan berlimpah informasi dalamnya  harusnya kita manffatkan untuk membangun kredibilitas kita

berikut ini adalah beberapa teknologi yang telah di hasilkan oleh anak bangsa

ketika kita membaca artikel tentang karya anak bangsa yang mampu menghasilkan produk yang berkualitas dan juga diakui oleh internasional . terbersit dalam  hati bahwa sesungguhnya kita mampu untuk bisa bersaing dengan bangsa lain. tetapi kadang ktia juga berpikir apakah kita terlalu tidak focus dengan apa yang kita kerjakan sekarang. ada seorang yang bagus di bidang pengajaran . tetapi karena kita tertarik dengan dunia lain maka kita tidak bisa focus dengan bagaimana kita meningkatkan kelebihan kita


1Nama Anoa sendiri terilhami dari seekor hewan endemik di kawasan Pulau Sulawesi, yaitu Anoa. Performa Panser buatan anaka bangsa ini tidak kalah saing dengan berbagai jenis panser buatan luar. Panser buatan asli Indonesia ini memiliki 6 roda dan mampu melaju hingga   kecepatan 90km/jam. selain itu Panser ini mampu melompati parit sejauh 1 meter dan tahan dengan berondongan tembakan dari AK-47 dan M16. Panser ini dibuat oleh PT Pindad guna mewujudkan kemandirian dalam bidang Alutsista bangsa Indonesia.


 
3. Pesawat Gatotkaca N-250

Pesawat regional komuter turboprop ini merupakan rancanagan asli dari mantan presiden Indonesia Bapak Habibie yang dibuat oleh IPTN yang sekarang adalah PT. Dirgantara Indonesia. Pesawat ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1995. Kode N disini berarti Nusantara, yang  menunjukkan bahwa semua desain, produksi, dan pembuatannya dikerjakan di Indonesia. Pesawat ini diberi nama Gatotkaca dan menjadi primadona pasar kelas 50-70 penumpang dan sekaligus mampu menunjukan pada dunia kalau Indonesia mampu membuat Pesawat Terbg sendiri.

4. KRI-Krait-827

Kapal Perang ini merupakan hasil saling tukar ilmu antara TNI AL lewat fasharkan (Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan) Mentigi dan PT Batan Expressindo Shipyard (BES), Tanjung guncung. Kapal perang ini dikerjakan selama kurang lebih 14 bulan, dan sepenuhnya dikerjakan oleh putra-putri terbaik bangsa Indonesia. Bahan bakunya aluminium, bertonase 190 DWT, dengan jarak jealajah mencapai sekitar 2.500 mil. Kapal perang asli Indonesia ini juga dilengkapi dengan radar jangkauan 96 Nautical mil (160km) dengan sistem navigasi GMDSS area 3, dengan kecepatan terpasang 25 knots.

5. Smart Eagle II (SE II)
 

ini merupakan prototipe pertama UAV (Unman Aerical Vehicle) atau pesawat tanpa awak, yang dibuat oleh PT. Aviator Teknologi Indonesia guna kepentingan Intelejen Indonesia. SE II menggunakan mesin 2 tak berdiameter 150 cc dan mampu terbang selama 6 jam dan dilegkapi oleh colour tv kamera serta mampu beroperasi di malam hari dengan menggunakan Therman Imaging (TIS) kamera untuk opsi penginderaannya. sungguh alat  yang sanagat luar biasa karya anak bngsa Indonesia.

6. T-50 Golden Eagle

inilah pesawat tempur buatan Indonesia yang pertama. T-50 Golden Eagle, dibuat oleh PT. Dirgantara Indonesia (PTDI) yang bekerjasama dengan Korea Selatan. Proyek pengembangan model pesaat tempur T-50 Golden Eagle ini mencapai nominal 8 milliar dolar Amerika Serikat. Menurut Direktur Integrasi Pesawat PT DI Budiwuraskito, PT DI berpengalaman dalam bidang kualifikasi dan sertifikasi dalam memproduksi pesawat-pesawat terbaik yang berkecepatan rendah seperti CN-235. sementara itu, Korea Selatan berpengalaman dalam meproduksi pesawat berkecepatan tinggi atau melebihi keceptan suara (1 mach) T-50 Golden Eagle.

7. Pesawat Generasi Terbaru N-219

Pesawat ini merupakan pesawat buatan asli Indonesia yang merupakan generasi terbaru. Pesawat generasi terbaru N-219 ini siap membelah udara nusantara. Peswat generasi baru ini telah dirancang dengan kondisi geografis Indonesia sehingga akan menjadi pesawat yang handal. harapannya kelak akan menjadi perintis di beberapa wilayah nsantara yang masih menggunakan pesawat-pesawat generasi lama. pesawat ini berkapasitas 19 orang dan sudah selseai dalam uji aerodinamika.

8. Sriti, UAV besutan BPPT

Pesawat udara tanpa awak (puna) ini atau Unmanned Aerial Vehicles (UAV) telah berhasil diciptakan oleh Badan Pengkajian Penerapan Teknolog (BPPT) pada 2012 silam, BPPT memperkenalkan pesawat tanpa awak hasil rancangannya ini yang diberi nama Sriti. Sriti tercatat sebagai Peswat kelima yang telah dibuat oleh BBPT. sebelum sriti, BPPT juga telah menciptakan Pelatuk, Wulung, Gagak, dan Alap-alap. Namun demikian, dari kelima pesaawat tersebut hnyalah Sriti yang akan mulai memasuki masa tugas dilingkungan pemerintah.

9. LAPAN-A2

LAPAN-A2 ini merupakan satelit buatan asli Indonesia yang telah berhasil diorbitkan pada Agusutus 2012 silam. LAPAN-A2 ini akan difungssikan untuk pemotretan bumi dari luar angkasa. satelit ini pun sangat canggih karena telah dibekali dengan kemampuan membaca sinyal kapal. sehingga dengan kemampuannya ini pemerintah Indonesia bisa mengetahui setiap kapal pesiar yang memasuki wilayah Indonesia.Fungsilain dari satelit ini adalah untuk lebih menunjang komunikasi radio amatir yang sangat berfungsi saat proses penanggulangan bencana. luar biasa sekali bangsa Indonesia itu.

10. Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT)
 

Inilah teknologi pemindaian karya murni dan asli dari bangsa Indonesia yang saat ini kalau ingin tahu sudah dipakai oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). ECVT merupakan satu-satunya teknologi yang mampu melakukan pemindaian dari dalam dinding seperti pada pesawat ulang-alik. NASA mengembangkan sistem pemindai komponen dielektrik seperti embun yang menempel di dinding luar pesawat ulang-alik yang terbuat dari bahan keramik. Zat seperti itu bisa mengakibatkan kerusakan parah pada saat peluncuran karena perubahan suhu dan tekanan sangat tinggi. Warsito P Taruno adalah anak bagsa yang menciptakan dan mengembangkan ECVT.

11. Robot Tempur

Dengan segala keterbatasan fasilitas yang dimiliki, Lembaga Pengkajian Teknologi (Lemjitek) TNI AD,Karangploso, Kabupaten Malang,jawa timur mampu menciptakan sebuah prototipe robot tempur yang sngat canggih. Robot ini sudah dioperasionalkan dan diujicobakan di lapangan terbuka. sistem operasionalnya pun sangat canggih yaitu menggunakan kendali jarak jauh yang memanfaatkan gelombang radio.

sebenarnya masih banyak sekali teknologi terkini buatan anak bangsa Indonesia yang tidak bisa saya paparkan satu persatu, dalam dunia komputer dan jaringan saja Indonesia sudah mampu membuat PCTablet sendiri dan mampu membuat handphone Android sendiri bahakan game, aplikasi, dan jejaring sosial koprol buatan anak bangas sudah menjadi trend centre dunia. Hal ini menunjukkan kepada kita semua, kalau bangsa kita itu adalah bgsa yang cerdas, bangsa yang kreatif, bangsa yang kuat, namun kekurang percaya dirian dari bagsa kita yang membuat bagsa kita memamndang sebelah mata setiap hasil karya anak bangsa kita. Padahal kalu kita mau bersatu padu maka Indonesia akan menjadi Bagsa yang sangat disegani dan ditakuti di dunia.

No comments:

Post a Comment