Thursday 26 September 2013

TNI Ungkap Anggota OPM yang Bergabung ke NKRI

TNI Ungkap Anggota OPM yang Bergabung ke NKRIKBR68H, Jayapura- Lima orang yang diklaim sebagai anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) hari ini menyerahkan diri dan menyatakan ikut bergabung dalam NKRI.

Juru bicara Kodam Cenderawasih, Lismer Lumban Siantar dalam surat elektroniknya yang diterima KBR68H menyebutkan, kelima anggota OPM itu sebelumnya adalah anggota OPM yang dipimpin Engga Kiwo, yang biasa beroperasi di Kabupaten Lanny Jaya.

“Dalam sebuah upacara pernyataan sikap kembali ke NKRI dihalaman Koramil 1702, Tiom Kabupaten Lanny Jaya, kelima orang ini juga menyatakan sikapnya secara tertulis maupun lisan serta menyerahkan senjata api yang selama ini digunakan, yakni satu buah senjata jenis Revolfer 1 pucuk beserta 4 butir munisi,” jelas Lismer dalam rilisnya.

Upacara serah terima itu juga dihadiri oleh Kapolres Lanny Jaya, Jafar Sadik, Danyon 756/WMS, Tamimi Kusuma, Danramil Tiom Yohanes T. Katemba, Kadistrik Melagaineri Lupas Wenda, dan Tokoh gereja, Habel Yigibalom.

Dalam pernyataan sikap telah bergabung kedalam NKRI, pihak aparat keamanan, TNI/Polri juga menyerahkan Bendera Merah Putih dan Alkitab dalam bahasa Lanny kepada kelompok tersebut. “Ini sebagai simbol bahwa mereka sudah resmi menjadi warga negara Indonesia, jelasnya. (Katharina Lita)

No comments:

Post a Comment