Tuesday 8 October 2013

Programmer Indonesia Juarai Kompetisi Coding Dunia

Las Vegas - Kembali, putra Indonesia bawa harum nama bangsa. Sindunata Sudarmaji asal Indonesia tercatat telah memenangkan kompetisi programming bertajuk TopCoder Open (TCO) World Championship 2006. TopCoder Inc, penggagas kompetisi tersebut mengumumkan tiga nama pemenang yang diantaranya termasuk Sindunata Sudarmaji, putra Indonesia. Dua lainnya adalah Petr Mitrichev dari Rusia dan Tim Roberts asal AS. Advanced Micro Device (AMD) sebagai pendukung acara tersebut menganggap kompetisi ini sebagai hal yang sangat positif dan dapat menelurkan developer andal kelas dunia. "Kompetisi tahun ini merupakan salah satu dari yang terbaik. Kompetisi TopCoder mempersembahkan bakat yang terbaik dalam bisnis ini, mereka membuat kode terbaik yang dapat memecahkan berbagai tantangan," ujar Richard Finlayson,

Director Software Strategy and Alliances Group AMD. Kompetisi TopCoder sendiri dibagi dalam beberapa komponen pertandingan yaitu turnamen Algorithm, serta Design and Development. Kompetisi awal dilakukan secara online dan bersamaan, kemudian pada babak final para finalis diberangkatkan ke Las Vegas, AS untuk berkompetisi secara langsung. Pada turnamen Algorithm, peserta diminta untuk memecahkan masalah algoritma yang kompleks dengan menggunakan program Java, VB.Net, C++ atau C#. Sedangkan pada komponen desain dan pengembangan, peserta diminta untuk mengaplikasikan software berbasis rancangan dengan ketentuan tertentu. Sedangkan pada kompetisi Development, peserta diminta untuk mengembangkan komponen software re-usable. Sindu berhasil menyisihkan 4200 peserta yang berasal dari 200 negara di dunia dan berhasil mengungguli 64 finalis lainnya yang berasal dari 19 negara.

Demikian Businesswire melansir dan dikutip detikINET, Rabu (10/05/2006). Atas kemenangannya ini, Sindu membawa pulang hadiah sebesar US$12,500 sebagai penghargaan atas kemenangannya dalam salah satu komponen turnamen, yaitu Design and Development. (amz) (Catatan Redaksi: Bagi pemberi komentar, mohon tidak mengisi kolom nama dengan kata/kalimat yang tak lazim sebagai nama orang. Nama samaran diperbolehkan. Penggisian nama dengan nama milik orang lain (public figure), alamat situs, merek, nama institusi tertentu dan/atau cenderung vulgar/ofensif/SARA, tidak diperkenankan.) .

No comments:

Post a Comment